Mikro Ekspresi

                 Nah, karena rasa ingin tahu aku mencari informasi dari internet mengenai mikro ekspresi, ini merupakan hal yang sangat menarik bagiku karena pada awalnya aku tertarik untuk mempelajari ilmu ilmu psikologi. Yuk kita cari tau mengenai mikro ekspresi bareng bareng biar kita tau dan paham akan keadaan seseorang dan peduli sekitar kita, misalkan ketika kita berbicara dengan teman kita, nah kita dapat mengimplementasikan yang telah kita baca ini agar tahu yang sebenarnya dialami seseorang, karena seringkali seseorang cenderung menutupi keadaan nya baik itu keadaan sedih, atau kecewa.
             
               Jadi Mikro ekspresi adalah respon emosional seseorang yang tidak diungkap dalam skala yang besar dan lama di wajah seseorang. Atau dapat disebut mikro ekspresi ini merupakan respon yang terjadi ketika seseorang telah menyampaikan sesuatu, nah seringkali kita mengaitkan bahwa mikro ekspresi merupakan salah satu ciri seseorang berbohong, perlu ditekankan mikro ekspresi merupakan respon emosional yang tidak diungkapkan oleh seseorang.
                Dalam berkomunikasi, sebesar 7% berhubungan dengan kata kata yang digunakan, 38% mengenai cara berbicara intonasi, 55% berkaitan dengan body language.
jadi bahasa tubuh dapat dikatakan sebagai komunikasi yang disampaikan melalui non verbal, yang dikomunikasikan melalui gerak tubuh, intonasi, gerakan tangan dan postur tubuh. (Poppy Amalia)
               
Ekspresi Makro Dan Mikro

         Ekspresi makro yaitu adalah ekspresi mimik wajah yang mudah kita mengamatinya dan membedakan. 
           Ekpresi mikro yaitu ekspresi yang tak disdari dan terjadinya biasanya cendrung dalam waktu relative yang singkat. Itu sebabnya ekspresi mikro lebih sulit untuk di amati.
berikut adalah ciri ciri dari mikro ekspresi.
  1. Bahagia/ senang
Bahagia atau senang akan menunjukan respon wajah berupa senyuman.Raut wajah orang yang bahagia atau senang yaitu bagian otot pipi yang bergerak naik dan juga kedua sisi atau tepi bibir membentuk senyuman.
  1. Marah atau Jengkel
Respon marah atau jengkel muncul dikarenakan rasa ketidaknyamanan ataupun timbul dari ketidak sesuaian antara apa yang diharapkan dengan sebuah kenyataan. Kita pun dapat melihat ekspresi ini dari pada sisi alis di bagian dalam yang menyatu dan ia condong ke bawah, lalu bibir yang menyempit, dan juga pandangan mata yang menajam.
  1. Sedih
Kesedihan ini dapat mucul dari kekecewaan ataupun rasa kehilangan, atau sikap gebetan yang berubah xoxoxo. Ekspresi wajah sedih ini dapat dilihat dari bagian mata yang kehilangan fokus, lalu pada bagian bibir tertarik ke arah bawah, dan juga kelopak mata atas terkulai.
  1. Takut
Perasaan ini terkadang muncul secara tiba – tiba, namun hal ini adalah bentuk ekspresi yang manusiawi. Ketakutan yang dirasakan biasanya muncul karena ia mengalami ketidak mampuan untuk mengatasi segala sesuatu hal. atau pada saat ia berada dalam suasana yang ia anggap seram dan bisa juga terjadi pada saat orang terdekat kita nge chat dan bilang "Ada yang mau aku omongin" wkwk. Ekspresi dari rasa takut ini dapat dilihat dari kedua alis yang mana naik secara bersamaan, kelopak mata menegang, dan juga bibir yang terbuka membentuk horizontal.
  1. Muak
Biasanya dialami pada saat kita sudah lelah akan sesuatu hal, yang tidak pernah dihargai Orang yang sedang dalam keadaan muak biasanya timbul dikarenakan melihat segala sesuatu yang tak pada tempatnya ataupun mendengar yang tak layak ataupun mau untuk di dengar. Ekspresi orang yang sedang muak dapat kita baca di area batang hidung yang berkerut dan bibir atas naik.
  1. Kaget atau terkejut
Ekspresi kaget ataupun terkejut dapat muncul saat seseorang memperoleh pesan yang belum ia ketahui sebelumnya. Pesan ini pun biasanya bersifat mendadak, di luar dugaan atau penting. Raut wajah yang kaget ini dapat diidentifikasi dari kedua alis mata yang naik, mata terbuka lebar, serta mulut yang refleks terbuka.
  1. Menganggap remeh
Mungkin banyak disekitar kita yang selalu memandang sebelah mata terhadap kita, sehingga ia kerap menganggap remehorang lain,dan tidak ada perasaan hormat sama sekali pada lawan bicaranya. Ekspresi ini dapat ditunjukkan dari gerakan yang menaikkan salah satu sudut bibir.


Nah itulah ciri dari kondisi respon muka kita jika kita melihat atau mendengar, atau berbicara sesuatu yang berupa mikro ekspresi.

Referensi :
http://www.psikoma.com/membaca-kondisi-psikologis-lewat-ekspresi-wajah/
http://poppysangmotivator.com/index.php/posting/categori/33/body-language-and-micro-expression
http://www.pei-indonesia.com/mikro-ekspresi-bukan-tanda-kebohongan.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

First Impression Transmart Buah Batu

PSAK 16 ASET TETAP (SUMMARY)

SUMMARY PSAK 14 PERSEDIAAN