SUMMARY PSAK 14 PERSEDIAAN

         Niat hati mau lanjutin cerbung yang di snapgram, tapi liat buku jadi sadar kalau senin masih UTS, jadi mau nulis mengenai PSAK 14 Tentang persediaan, bukan persediaan pacar atau doi atau gebetan tapi ini adalah persediaan, baik persediaan barang dagang atau barang dalam proses. yang bukan jurusan akuntansi dan terlanjur buka blog ini gapapa gausah menyesali terlalu dalam ya 10/ 20 detik berharga kalian bakal jadi pengetahuan yang bermanfaat haha. scroll sampe bawah dan baca biar dapet ilmunya yuhuu.

PSAK 14 mengatur perlakuan akuntansi untuk persediaan, tapi tidak mengatur tentang :

  • pekerjaan konstruksi dalam proses karena dijelaskan dalam PSAK 34 tentang kontrak konstruksi
  • Instrumen keuangan PSAK 55 Pengakuan dan pengukuran.
Sifat Persediaan

definisi persediaan dalam PSAK 14 Sebagai asset adalah :
1. Dimiliki untuk dijual dalam persediaan normal
2. Dalam proses produksi untuk dijual
3. Dalam bentuk bahan atau supplies untuk digunakan dalam proses produksi dan pemberian jasa

Persediaan dan HPP

Cara pencatatan persediaan terbagi jadi 2 :
1. Sistem Periodik : dimana HPP/ Harga pokok penjualan ditentukan dengan cara perhitungan fisik di akhir periode, dan dihitung dengan rumus HPP= nilai pers awal+ biaya barang dibeli / dibuat - Pers akhir
2. Sistem Perpetual : Adalah sistem pencatatan persediaan ketika transaksi mengenai penjualan maka dicatat beserta harga pokok penjualan nya, sehingga akan memberikan informasi hpp pada saat itu juga namun seringkali ada perbedaan antara jumlah persediaan yang tercatat dengan jumlah persediaan yang ada (Fisik) sehingga membutuhkan penyesuaian COGS To Inventory / Inventory To COGS.

Pengukuran pesediaan 

1. Berdasarkan biaya : menentukan biaya pembelian / perolehan barang atau dengan alokasi jumlah nilai persediaan awal dan biaya pembelian / pembuatan pada pers. akhir dan HPP menggunakan rumus biaya (FIFO, LIFO, AVERAGE)

2. Nilai realisasi neto : merupakan estimasi harga jual dalam kegiatan usaha biasa dikurangi estimasi biaya penyelesaian dan estimasi biaya yang diperlukan untuk membuat penjualan.

Pengungkapan (hal hal yang harus diungkapkan dalam Catatan atas Laporan keuangan):
  • kebijakan akuntansi dalam penilaian persediaan
  • jumlah nilai tercatat dalam persediaan
  • nilai tercatat dari subklasifikasi persediaan (Bahan baku, Bahan dalam proses, finished goods, dan perlengkapan produksi)
  • nilai tercatat dari persediaan dari persediaan yang dicatat dengan nilai wajar dikurangi biaya jual
  • kondisi / peristiwa penyebab adanya penurunan nilai
  • jumlah terendah dari baiaya dan nilai realisasi bersih penyisihan penurunan nilai untuk nilai realsasi neto diungkap secara terpisah.

WITH LOVE,


YUNI SAFITRI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

First Impression Transmart Buah Batu

PSAK 16 ASET TETAP (SUMMARY)