Pengembangan Sistem

Konsep Pengembangan Sistem


Konsep Pegembangan Sistem :
Pengembangan sistem dilakukan dengan menggunakan metodologi, yaitu suatu proses standar yang diikuti oleh organisasi untuk melaksanakan seluruh langkah yang diperlukan untuk merencanakan, menganalisa, merancang, mengimplementasikan, dan memelihara sistem informasi.
Metodologi klasik yang digunakan untuk pengembangan sistem dikenal dengan istilah SDLC (System Development Life Cycle)
TAHAPAN DALAM PENGEMBANGAN SISTEM
1.     Analisis system : Analisis system meliputi studi kelayakan system dan analisis kebutuhan system, tujuan analisis system untuk menentukan detail tentang apa yang akan dikerjakan system. Studi kelayakan bermanfaat untuk memastikan bahwa solusi yang diusulkan dapat dicapai dengan sumber daya, kendala serta dampak terhadap lingkungan nya, dalam studi kelayakan mencakup penentuan masalah dan peluang yang dituju system, pembentukan sasaran system keseluruhan, identifikasi pemakainya, dan lingkup system nya
Studi kelayakan diukur dengan aspek aspek seperti teknologi, ekonomi, non ekonomi, operasional , dan kendala hokum dan lainnya.
2.      Desain system : meliputi perancangan konseptual dan perancangan fisik.
Perancangan konseptual : Disebut sebagai perancangan logis, yaitu kebutuhan pemakai dan pemecahan masalahnya.
Tiga langkah penting dalam perancangan konseptual: Evaluasi alternative rancangan, penyiapan spesifikasi dan penyiapan laporan system secara konseptual.
Perancangan fisik : Meliputi Output apa yang akan dihasilkan, icon nya seperti apa, programnya apakah alogaritma atau yang lainnya, bentuk dokumentasinya, pengujian dan cara penerapannya akan bagaimana.
3.      Implementasi system : Implementasi sitem mencakup

·         pemrograman dan pengujian, Pemrograman yaitu pembuatan program atau sederet instruksi yang dgunakan untuk mengatur computer agar bekerja sesuai dengan maksud tertentu.
Pengujian integrasi dilakukan setelah uji unit
Pengujian system  merupakan lanjutan Pengujian dari uji integritas yang menguji seluruh system sampai control dan pemulihan system juga.
Pengujian penerimaan : tujuannya untuk meyakinkan segala kebutuhan telah terpenuhi
Pengujian Instalasi : Pengujian yang dilakukan setelah system dipasang
·         instalasi hardware dan software
·         Pelatihan pada user
·         dokumentasi dan konversi.    
Dokumentasi ada tiga jenis yaitu :
Dokumentasi pengembangan : Menjabarkan system secara lengkap
Dokumentasi Operasi:  mencakup jadwal operasi, cara operasi alat alat, factor keamanan, dan masa berlaku berkas.
Dokumentasi pemakai :  Petunjuk dalam penggunaan program.
Konversi : Tahapan untuk mengoperasikan system baru dalam menggantikan system lama.
Jenis pendekatan untuk melakukan konversi :
1.      Konversi parallel : Sistem baru dan sistem lama sama-sama dijalankan. Setelah melalui masa tertentu, jika sistem baru telah bisa diterima untuk menggantikan sistem lama, maka sistem lama segera dihentikan.
2.       Konversi Langsung (Direct Conversion atau Direct Cutover) : dilakukan dengan cara menghentikan sistem lama dan menggantikannya dengan sistem baru.
3.      Konversi Pilot (Pilot Conversion): dilakukan dengan cara menerapkan sistem baru hanya pada lokasi tertentu yang diperlakukan sebagai pelopor. Jika konversi ini dianggap berhasil, maka akan diperluas ke tempat-tempat yang lain.
4.      Konversi Modular atau Bertahap (Phased Conversion) :Konversi dilakukan dengan menggantikan suatu bagian dari sistem lama dengan sistem baru. Jika terjadi sesuatu, bagian yang baru tersebut akan diganti kembali dengan yang lama.
4.Operasi dan Pemeliharaan
a. Perawatan Perfektif :Ditujukan untuk memperbaharui sistem sebagai tanggapan atas perubahan kebutuhan pemakai dan kebutuhan organisasi, meningkatkan efisiensi sistem, dan memperbaiki dokumentasi.
b. Perawatan Adaptif : Berupa perubahan aplikasi untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan perangkat keras dan perangkat lunak baru. Sebagai contoh, perawatan ini dapat berupa perubahan aplikasi dari mainframe  ke lingkungan client/server atau mengonversi dari sistem berbasis berkas ke lingkungan basis data.
c. Perawatan Korektif :Berupa pembetulan atas kesalahan-kesalahan yang ditemukan pada saat sistem berjalan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

First Impression Transmart Buah Batu

PSAK 16 ASET TETAP (SUMMARY)

SUMMARY PSAK 14 PERSEDIAAN